Jumat, 27 Juli 2018

Dapatkah Pankreatitis menjadi Prekursor untuk Kanker Pankreas?

Pankreatitis kronis dapat mendorong pertumbuhan sel-sel abnormal di pankreas, yang dapat menjadi kanker. Prognosis untuk kanker pankreas sangat buruk.

Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Saya Memiliki Gejala atau Tanda Kanker Pankreas atau Pankreatitis?

Kanker pankreas

Jika Anda memiliki salah satu gejala kanker pankreas. Cari pertolongan medis segera. Jika rasa sakit, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, atau penyakit kuning berlanjut meski ada perawatan medis awal, evaluasi lebih lanjut harus dilakukan sesegera mungkin.

Pankreatitis Akut dan Kronis

Pada kebanyakan orang, rasa sakit dan mual yang terkait dengan pankreatitis cukup parah untuk mencari perhatian medis dari dokter atau profesional perawatan kesehatan lainnya.

Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, hubungi dokter Anda segera dan dapatkan perawatan medis.

    Ketidakmampuan untuk minum obat atau minum dan makan karena mual atau muntah
    Nyeri yang parah tidak hilang dengan obat yang tidak diresepkan
    Rasa sakit yang tak dapat dijelaskan
    Sulit bernafas
    Nyeri disertai demam atau menggigil, muntah terus-menerus, merasa pingsan, lemas, atau kelelahan
    Nyeri disertai dengan adanya kondisi medis lainnya, termasuk kehamilan

Dokter Anda atau profesional perawatan kesehatan lainnya dapat meminta Anda untuk pergi ke bagian gawat darurat rumah sakit. Jika Anda telah menemui dokter untuk pankreatitis dan gejala Anda memburuk, segera pergi ke bagian gawat darurat.

Prognosis untuk Kanker Pankreas vs Pancreatitis

     Meskipun kemajuan terbaru dalam perawatan bedah dan medis kanker pankreas, prognosis yang terkait dengan penyakit ini masih relatif miskin.

 
     Kebanyakan orang dengan pankreatitis akut pulih sepenuhnya dari penyakit mereka kecuali mereka mengembangkan pankreatitis nekrosis. Pankreas kembali ke fungsi normal tanpa efek jangka panjang. Pankreatitis dapat kembali, bagaimanapun, jika penyebab yang mendasari tidak dihilangkan.
     Pankreatitis kronis tidak menyelesaikan sepenuhnya antara serangan. Meskipun gejalanya mungkin mirip dengan pankreatitis akut, pankreatitis kronis adalah kondisi yang jauh lebih serius karena kerusakan pada pankreas adalah proses yang berkelanjutan. Kerusakan yang sedang berlangsung ini dapat menyebabkan komplikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar