Jumat, 27 Juli 2018

Kanker Pankreas

Adenokarsinoma pankreas adalah jenis kanker pankreas yang paling umum. Jenis kanker pankreas berasal dari kelenjar eksokrin. Tumor sel islet atau kanker neuroendokrin pankreas adalah jenis kanker yang berbeda yang muncul di kelenjar endokrin pankreas.

Adenokarsinoma pankreas adalah yang paling agresif dari semua jenis kanker. Pada saat kanker pankreas didiagnosis, banyak orang sudah memiliki penyakit yang telah menyebar ke situs yang jauh di dalam tubuh (sekitar 53%). Kanker pankreas juga relatif tahan terhadap perawatan medis, dan satu-satunya pengobatan yang berpotensi menyembuhkan adalah pembedahan. Pada tahun 2010, sekitar 43.000 orang di Amerika Serikat didiagnosis menderita kanker pankreas, dan sekitar 36.000 orang meninggal karena penyakit ini. Angka-angka ini mencerminkan tantangan dalam mengobati kanker pankreas dan relatif kurangnya pilihan kuratif.

Pankreatitis Akut dan Kronis

Peradangan pankreas disebut pankreatitis dan peradangannya memiliki berbagai penyebab. Pankreas adalah kelenjar yang terletak di bagian atas perut. Ini menghasilkan dua jenis utama zat, cairan pencernaan, dan hormon pencernaan. Setelah kelenjar menjadi meradang, pankreatitis dapat berkembang menjadi pembengkakan pankreas dan pembuluh darah di sekitarnya, perdarahan, infeksi, dan kerusakan pada kelenjar, yang menyebabkan cairan pencernaan terperangkap dan mulai "mencerna" pankreas itu sendiri. Jika kerusakan ini berlanjut, kelenjar mungkin tidak dapat melakukan fungsi normal.

Pankreatitis bisa akut (baru, jangka pendek) atau kronis (berkelanjutan, jangka panjang). Jenis keduanya bisa sangat parah, bahkan mengancam nyawa. Entah jenis dapat mengalami komplikasi serius.

Pankreatitis akut biasanya dimulai segera setelah kerusakan pankreas dimulai. Serangan biasanya sangat ringan, tetapi sekitar 20% dari mereka sangat parah. Sebuah serangan berlangsung untuk waktu yang singkat dan biasanya hilang sempurna saat pankreas kembali ke keadaan normal. Beberapa orang hanya memiliki satu serangan, sedangkan orang lain memiliki lebih dari satu serangan, tetapi pankreas selalu kembali ke keadaan normal kecuali pankreatitis nekrosis berkembang dan menjadi mengancam kehidupan.

Pankreatitis kronis dimulai sebagai pankreatitis akut. Jika pankreas menjadi bekas luka selama serangan pankreatitis akut, pankreatitis tidak dapat kembali ke keadaan normal. Kerusakan pada kelenjar berlanjut, memburuk seiring berjalannya waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar